Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Aplikasi Belanja Online Terbaik dan Terpopuler

Awal mula tren transaksi jual-beli online di Indonesia, banyak startup e-commerce yang gencar-gencarnya memberikan diskon gila-gilaan agar masyarakat tertarik untuk menggunakan aplikasinya.

Banyak yang memprediksi bahwa kegiatan "bakar duit” itu akan segera berakhir dan e-commerce akan mulai ditinggalkan penggunanya secara perlahan.

Tapi nyatanya tidak. Ternyata sampai saat ini masih banyak aplikasi belanja online yang sering memberikan diskon besar-besaran kepada penggunanya.

Bagi yang senang belanja tapi tidak mau keluar uang lebih banyak, berikut beberapa rekomendasi aplikasi belanja online yang sering memberikan diskon besar.

1. Tokopedia

Aplikasi toko online terbaik dan terpercaya yang sering memberikan diskon pertama adalah Tokopedia.

Menurut data SimilarWeb, Tokopedia menjadi perusahaan e-commerce kedua yang dikunjungi lebih dari 117 juta kali di kuartal I 2023.

Aplikasi jualan online ini tidak hanya menyediakan etalase produk jualan yang bisa dipasarkan oleh pedagang saja.

Mereka juga menyediakan fitur lain untuk mendukung kegiatan transaksi dan promosi selama berjualan di platform, seperti broadcast chat, statistik toko, flash sale, dan masih banyak lainnya.

2. Lazada

Aplikasi belanja online terbaik selanjutnya adalah Lazada yang telah dikunjungi lebih dari 83,2 juta kali di Kuartal I 2023.

Di era pertumbuhan e-commerce di Indonesia, Lazada menjadi salah satu kompetitor terbesar Tokopedia yang menawarkan layanan yang hampir sama.

Mereka sempat kalah telak oleh Tokopedia yang secara terus-menerus menawarkan promo dan diskon yang lebih menarik.

Tapi sekarang, Lazada kembali naik dengan meningkatkan user experience dan pelayanan di aplikasinya.

Berkat itu, Lazada mendapat ulasan yang baik dari para penggunanya dan secara tidak langsung mengundang orang lain untuk berbelanja di aplikasi mereka.

3. BliBli

BliBli adalah salah satu e-commerce yang cukup populer di Indonesia dengan rata-rata jumlah kunjungan lebih dari 25,4 juta di Kuartal I 2023.

Menariknya, rata-rata pengunjung tertinggi di platform ini berjenis kelamin laki-laki. 

Jadi tidak heran jika mereka dicap sebagai salah satu aplikasi belanja online termurah, karena sering memberikan diskon besar untuk belanja gadget dan barang elektronik lainnya.

4. Shopee

E-Commerce asal Singapura yang baru secara resmi beroperasi di Indonesia pada tahun 2015 ini menjadi aplikasi belanja online yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia.

Berdasarkan data SimilarWeb, rata-rata jumlah pengunjung situs belanja online ini mencapai 158 juta di Kuarta I 2023.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh Shopee adalah harga miring, fitur transaksi jual beli terlengkap, gratis ongkos kirim, kategori produk yang lebih beragam, ShopeeLIVE, ShopeePay, dan masih banyak lainnya.

5. Bhinneka

Bhinneka adalah perusahaan e-commerce yang memulai perjalanannya di tahun 1999.

Situs ini memang kalah pamor dengan aplikasi belanja online lainnya karena pada awalnya hanya berpusat pada penjualan produk elektronik.

Seiring berjalannya waktu, Bhinneka berkembang dan mendapat kepercayaan dari berbagai merchant, sehingga kategori produk yang ditawarkan mulai beragam.

Bhinneka sangat sadar bahwa persaingan industri B2C e-commerce Indonesia sangat sulit untuk dijangkau, mengingat Tokopedia dan Shopee menjadi top of the mind.

Akhirnya, Bhinneka mencari celah lain dengan memperkuat posisinya sebagai e-commerce untuk kebutuhan bisnis (B2B) dan menjalin kerjasama dengan pemerintah (B2G).

6. Sociolla

Sociolla adalah aplikasi belanja online yang cukup populer di kalangan wanita. 

Sebab, situs ini menawarkan beragam produk kecantikan original mulai dari makeup, skincare, skin hair, parfume, dan peralatan kecantikan lainnya.

Untuk menjaga kualitas layanannya, Sociolla menjalin kerja sama dengan distributor resmi, sehingga produk-produk yang dijual dijamin keasliannya.

7. Zalora

Selanjutnya ada Zalora yang merupakan situs belanja fashion dan kecantikan yang menghadirkan lebih dari 500 merek ternama dari brand lokal maupun internasional.

Menariknya, dari aplikasi ini, pembeli bisa membeli pakaian dari luar negeri dengan biaya pengiriman yang sangat bersahabat,

Untuk memperkuat posisinya, sekarang Zalora menawarkan berbagai produk peralatan rumah tangga dan gaya hidup dari merek-merek besar yang cukup populer di Indonesia.

8. Matahari

Berawal dari toko ritel, kini Matahari mulai mengembangkan model bisnisnya menjadi e-ritel.

Sesuai dengan basisnya, Matahari fokus pada penjualan produk fashion dari merek ternama, baik lokal maupun global.

Menariknya lagi, pengguna aplikasi jualan online bisa membeli produk fashion dengan harga miring berkat promo yang mereka berikan.

9. Bukalapak

Selanjutnya ada Bukalapak yang dikunjungi lebih dari 18,1 juta pengguna di Kuartal I 2023.

Bukalapak berdiri pada tahun 2010 dengan fokus sebagai platform daring untuk para pelaku UMKM.

Awalnya mereka lebih fokus pada produk-produk olahraga saja. Sekarang, Bukalapak mulai terbuka dengan kategori lain sehingga penggunanya bisa berbelanja barang apapun dari satu aplikasi saja.